Rabu, 07 Desember 2011

TIPS MERAWAT KOMPUTER

Berikut ini, penulis ingin membagikan beberapqa tips membersihkan komputer nich.. 
so............ cek it, now :
1. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala
Gambar Motherboard
Untuk membersihkannya dapat kita gunakan kuas halus ukuran kecil dan sedang. Setidaknya dua bulan sekali harus dilakukan. Buka casing terlebih dahulu, kemudian bersihkan dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutup komputer (monitor, CPU, keyboard / mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

 2. Uninstall yang tidak berguna 
Ruang hard disk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write, sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga akan cepat rusak.
3. Bersihkan Recycle bin secara rutin. 
Caranya : jalankan Windows Explorer >> klik Recycle Bin >> klik file >> klik Empty Recycle Bin. Atau anda bisa menjalankan fungsi Disk Cleanup dengan cara : Klik start >> Program >> accesories >> System Tool >> Disk Cleanup >> Kemudian pilih drive yang mau dibersihkan >> setelah itu centang opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yang lain . >> klik OK !

4. Install program antivirus dan update secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar komputer dapat membuat anda menginstall ulang komputer.

5. Tutup / close program yang tidak berguna. 

6. Pakailah UPS atau stavolt untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tibayang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk.

7. Aktifkan screensaver. 
Bagaimana caranya ? Yakni bisa dilakukan dengan banayk cara , salah satunya adalah : klik start >> control panel >> Display >> klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera Anda.

8. Defrag Harddisk secara Berkala
harddisk computer
Fungsinya adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file / data sedemikian rupa sehingga akan memperpanjang umur harddisk. Caranya : klik Menu start >> Program >> Accesories >> system tool >> disk defragmenter. 

9. Beri ventilasi yang cukup. 
Jarak antara monitor / CPU dengan dinding / tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.. atau pasang AC. hhhhhhmmmmmmmmm........ akan tambah dingindd.. :D

10. Jangan meletakkan speaker active terlalu dekat dengan monitor, karena medan magnet yang ada pada speaker akan memepengaruhi monitor yaitu warna monitor akan menajdi tidak rata / bergaris.

OK itu beberapa tips untuk merawat komputer Anda !
Selamat Mencoba....... ;)

0 komentar:

Posting Komentar