Selasa, 27 Desember 2011

Jalan-Jalan di Kota Batik-Pekalongan

Pekalongan City
Hayoo, siapa yang belom pernah ke Pekalongan? AYoo buruan.. Kunjungi !
Pekalongan Kota
Sob, Liburan kali ini aku jalan ke daerah Pekalongan nii..
Pekalongan  disebut juga Kota Batik. Karena disamping memang sebagi daerah penghasil Batik, kerajinan batik di pesisir utara Jawa Tengah itu sendiri tergolong punya ciri tersendiri dibanding batik-batik asal daerah lain (Solo, Yogya, Banyumas). Warnanya berani, ngejreng, dan desainnya juga "nekat"; berani menyimpang dari corak-corak tradisional. hehe

Museum Batik
Entah sejak kapan dech orang Pekalongan bikin Batik. Yang jelas, ada kain Batik kuno di museum, berlabel 1860, yang disebut Batik Indo-Eropa atau Batik Belanda.
Konon, zaman Belanda dulu, noni-noni Belanda memakai warna Batik yang dapat mewakili mood mereka; hehe.. kaya merah = mewakili rasa cinta; putih = tanda kesucian, sehingga biasa digunakan untuk gaun pengantin.
Aneka batik pekalongan
Naahh.. Oleh karena itu, Produksi "Batik Belanda" di Pekalongan ini bisa disebut sbg salah satu peninggalan sejarah kolonial Belanda.
Penduduknya kurang lebih 265 ribu jiwa, sob ! waaww... lumayan yua? hehe.. Sebagian besar mata pencahariannya adalah pengrajin batik atau pengrajin emas, atau ada juga yang bekerja sebagai petani dan nelayan.
Kota ini punya bebagai macam versi cerita lho, sob! Salah satunya dari legenda Ki Baureksa, bupati Pekalongan yang sekaligus sbg salah seorang panglima perang kerajaan Mataram. Konon, tahun 1628-an ia mendapat tugas dari Sultan Agung untuk menyerang Batavia, Ki Baureksa mempersiapkan diri dg cara bertaap seperti kelelawar, dalam bahsa jawanya tapa ngalong, di hutan Gambiran. Jadi, Pekalongan diambil dari Kata Kalong, atau kelelawar..
Pantai Slamaran Indah
Pemandian Tirta Bumi
Wisata Pasir Kencana
Nah sob.. Pekalongan punya beberapa tempat tamasya lho! Ada wisata Pasir Kencana dan ada juga Slamaran Indah. Selain itu, Pekalongan juga punya Tirta Bumi lho ! Yaitu, pemandian alami dg sumber air panas yang mengandung belerang yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan reumatik. waw... ajiipp..
Taoto
oyah, sob! pekalongan juga punya makanan handal lho ! namanya taoto.. Tau ggak?
Taoto ini sejenis soto, yang kuahnya dibumbui dengan tauco. Isinya, bisa daging dan jeroan sapi atau suwiran daging ayam, pake so'un, dan disantap dengan lontong atau nasi. waww.. enak banget tau !
Selain taoto, Pekalongan juga punya Megono nich ! apa lagi tuch ? 
Megono ini yaitu cacahan buah nangka muda, dengan aroma buah kecombrang yang menyengat dan sedikit pedas.. ckckck.. pdess dech.. ! 
Biasanya megono dihidangkan dengan nasi putih hangat, dan dengan lodeh tempe atau bongkrek. apa lagi tuch bongkrek ?? hehe
Bongkrek itu semacam yua makanan yang dibuat dari ampas tahu,atau sering disebut sbg gembus). hehe :D. aneh2 yua namanya ? 
tapi jangan salah lho sob ! maknannya enak banget !!!! 
Mau nyicipin makanan khas Pekalongan? Came On.. kunjungi Pekalongan ! Ggk akan nyesel dech, kalau sobat2 dateng kesana.. ! buruan !!!!!!! Aku udha buktiin !

0 komentar:

Posting Komentar