Rabu, 18 Januari 2012

Sejarah Akuntansi

Haii sob ! 

Kembali bersamaku disini ! ok, kali ini aku mau menjelaskan soal materi Akuntansi .. 

Kalian juga mungkin pada tau yua ? apa itu akuntansi?

A. Pengertian dan Definisi Akuntansi

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

B. Fungsi Akuntansi

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

C. Laporan Dasar Akuntansi

Pada dasarnya proses akuntansi akan membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan atau organisasi lainnya. Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik dan ada juga yang bersifat suatu waktu tertentu saja.

Ok , perkiraan dari beberapa sumber yang saya baca, akuntansi itu ditemukan oleh para pedagang islam karena kebutuhan untuk melakukan transaksi secara jujur dan transparan.. Naah.. Kaum pedagang yang pertama mengembangkan teori ini adalah kaum pedagang Arab.. Namun, setelah kekaisarannya hancur, maka berpindah ke Italia..
Nahh.. Adapun nama yang disebut-sebut sebagai penemu akuntansi itu, adalah Luca Pacioli !
ilustrasi luca pacioli

waaww, siapakah itu ? Beliau adalah seorang Rahib Fransiscan yang menemukan dan pertama kali menulis buku tentang Pembukuan Berpasangan . Tepatnya yaitu tahun 1494, dan dikenal juga sebagai metode venesia.. 
Adapun poin-poin penting yang terdapat didalam bukunya adalah : 
1. Tujuan Pembukuan : memberikan informasi kepada para pedagang tentang assets dan kewajiban
2. Semua pencatatan harus dilakukan secara seimbang, naah.. maksudnya.. ada yang di DEBET ada juga yang di KREDIT
3. Jika terdapat penerimaan dan pengeluaran kas harus mencatat jenis uang dan konversinya
4. Musti ada tutup buku tiap akhir periode..
Nah itu sob bagian-bagian penting dari buku yang ditulis Luca Pacioli
Sebenarnya, menurut pengalaman aku, belajar akuntansi itu gax susah kok.. asalkan kita bisa tekun dan banyak latihan.
coz.. yang diperhatikan untuk menjadikan seorang akuntan yaitu kecepatan dan ketelitian.. !
ok.. itu aja yea yang bisa aku sampeiin buat kalii ini.. aku smabung agy dech ntarr ! bye.. moga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar