Senin, 30 Januari 2012

MACAM-MACAM LAPORAN KEUANGAN

Setelah mengerjakan neraca lajur, langkah yang ada di dalam akuntansi adalah menyusun laporan keuangan perusahaan. 
Tujuan dari disusun nya laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan pemakaiannya.
Laporan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.
Naah berikut ini adalah macam-macam dari laporan keuangan, yaitu :
  1. Laporan Laba Rugi
    laporan laba rugi
        yaitu laporan mengenai pendapatan, beban, dan laba atau rugi suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Untuk bagian judul biasanya terdiri dari nama perusahaan (baris 1), nama laporan keuangan (baris 2), dan untuk tahun yang berakhir .... (baris 3).

     
  2. Laporan Perubahan Modal
    laporan perubahan modal
        yaitu laporan yang menyajikan perubahan modal karena penambahan dan pengurangan dari laba/rugi dan transaksi pemilik. Untuk bagian judul nya, ditulis sama seperti laporan Laba Rugi.

     
  3. Neraca
    laporan neraca
        yaitu laporan yang menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan yang meliputi aktiva, kewajiban dan ekuitas pada suatu saat tertentu. Untuk judul Laporan neraca, nama perusahaan (baris 1), nama laporan keuangan (baris 2), dan periode (baris 3). Biasanya untuk periode diisi nama bulan saat itu berikut tanggal berakhirnya.

     
  4. Laporan Arus Kas
    laporan arus kas
        yaitu laporan yang menggambarkan penerimaan dan pengeluaran kas selama satu periode tertentu.

 


 

0 komentar:

Poskan Komentar